Kabupaten Kotawaringin Barat


Secara Geografis, Kabupaten Kotawaringin Barat beribukota di Pangkalan Bun, berada di Propinsi Kalimantan Tengah dan terletak di daerah khatulistiwa dengan koordinat diantara : 1°19’ -  3° 36’ L S dan, 110° 25’ -  112° 50’ B T. 
Batas Wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, Berbatasan Langsung dengan 3 wilayah kabupaten tetangga dan laut jawa yaitu : 
Sebelah utara dengan Kabupaten Lamanda
Sebelah timur dengan Kabupaten Seruyan,
Sebelah barat dengan Kabupaten Sukamara dan

Sebelah selatan berbatasan langsung dengan Laut Jawa.  

Fisiografis dan Luas Wilayah

 Fisiografis
Luas wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat tercatat 10.759 km. Dengan adanya pemekaran wilayah  Kabupaten sesuai dengan UU No. 5 tahun 2002, Kabupaten Kotawaringin Barat dimekarkan menjadi 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Sukamara dan Kabupaten  Lamandau.  

Seiring dengan semakin berkembangnya Kabupaten Kotawaringin Barat maka sejak tahun 2003 sesuai dengan Peraturan Daerah No. 10 tahun 2003 terjadi pemekaran kecamatan, dari 4 kecamatan menjadi 6 kecamatan. Kecamatan yang mengalami pemekaran adalah Kecamatan Kumai yaitu menjadi Kecamatan Kumai, Kecamatan Pangkalan Lada dan Kecamatan  Pangkalan Banteng. 
Kecamatan Kumai merupakan kecamatan terluas dengan luas wilayah 2.921 km2  (28,13 % luas kabupaten), dan Kecamatan Pangkalan Lada merupakan kecamatan yang terkecil dengan luas wilayah  229 km2  (3,08 % luas kabupaten). 

Peta Administratif dan Luas Wilayah Kabupaten dan Kecamatan di Kotawaringin Barat 

Luas Wilayah
Kabupaten Kotawaringin Barat terdiri atas 6 kecamatan yaitu : Kecamatan Kotawaringin Lama, Kecamatan Arut Selatan, Kecamatan Kumai, Kecamatan Pangkalan Lada, Kecamatan Pangkalan Banteng, dan Kecamatan Arut Utara.  Jumlah desa dan kelurahan pada akhir tahun 2012  adalah 89 dengan rincian 81 Desa dan 13 Kelurahan.

untuk melihat lebih banyak lagi silahkan download filenya dibawah ini 
Download



regards
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment